Egia Rosi Subhiyakto, M.Kom

Dosen Teknik Informatika

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro, Kota Semarang

egia@dsn.dinus.ac.id

Research Experience External

  1. 2017 – PENGEMBANGAN ALAT PEMODELAN UNTUK PEMBELAJARAN DASAR UML (Unified Modeling Language)

Research Exoerience Internal

  1. 2022 – Pengembangan User Interface (UI)/ User eXperience (UX) untuk Website Media Edukasi Keluarga menggunakan Metode Design Thinking
  2. 2022 – Edukasi Seks Pada Anak Usia Dini melalui Media Audio Visual di TK Doa Ibu Semarang 2022 – Editing Video dan Youtube sebagai bagian dari Literasi Digital bagi Siswa SMA Mardisiswa Semarang
  3. 2022 – AKTIVASI DIGITAL INTERAKTIF ‘PELUKMESRA (Pendampingan dengan Memeluk Menuju Keserasian)’ SEBAGAI MEDIA EDUKASI PASANGAN MENIKAH MUDA
  4. 2022 – Optimalisasi Youtube Sebagai Sarana Pemasaran Produk UMKM “Mekar Sari” Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati
  5. 2022 – Pendampingan Pembuatan Video Profil Sekolah dan chanel Youtube Sebagai bagian Media Publikasi Sekolah Kepada Stakeholder
  6. 2021 – Penerapan Hasil Penelitian Aplikasi Game Listening Bahasa Inggris bagi Siswa SMA Mardisiswa Semarang
  7. 2021 – Peningkatan Kualitas Requirements Software melalui Negosiasi menggunakan Metode E-Voting dan Prototyping
  8. 2020 – Penerapan Metode Prototyping untuk Pengembangan Aplikasi Pemodelan UML

Conference Papers

  1. 2024 – Development of Reading Literacy Application System using Extreme Programming Method. SISTEMASI 13 (2), 533-545
  2. 2024 – Pengembangan Aplikasi Telemedicine Carevul Sebagai Optimalisasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Cloud. Infotekmesin 15 (1), 155-164
  3. 2024 – Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Game Edukasi” Code. org” bagi Siswa SMP Ibu Kartini Semarang. ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT 7 (1), 9-14
  4. 2024 – Pengembangan Aplikasi Penyewaan Mobil Menggunakan Metode Prototyping dengan Online Payment Gateway Midtrans. Infotekmesin 15 (1), 82-90
  5. 2023 – UI/UX Design Prototype for Enhancing User Experience using User-Centered Method. Scientific Journal of Informatics 10 (4), 537-548
  6. 2023 – Implementasi Algoritma Convolutional Neural Network (CNN) Untuk Klasifikasi Jenis Tanah Berbasis Android. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT 8 (3), 220-225
  7. 2023 – Perancangan UI (User Interface) dan UX (User Experience) Aplikasi Pembelajaran Matriks dengan Metode User Centered. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Bisnis
  8. 2023 – Pengembangan Aplikasi Evaluasi Kegiatan Berbasis Android menggunakan Metode RAD (Rapid Application Development). Jurnal Ilmiah Intech: Information Technology Journal of UMUS 5 (1), 49-59
  9. 2023 – Redesigning Family Education Media Website Using Design Thinking Method and System Usability Scale. JST (Jurnal Sains dan Teknologi) 12 (1), 81-94
  10. 2023 – Pelatihan Editing Video dan Youtube sebagai bagian dari Literasi Digital bagi Siswa SMA Mardisiswa Semarang. ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT 6 (1), 228-233
  11. 2022 – Analisis Sentimen Menggunakan Metode Naïve Bayes Untuk Mengetahui Respon Masyarakat Terhadap Vaksinasi. Jurnal Ilmiah Intech: Information Technology Journal of UMUS 4 (02), 179-188
  12. 2022 – Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Sebagai Media Publikasi Sekolah Melalui Media YouTube. Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 3 (1), 15-22
  13. 2022 – Formasi Pengelompokan Siswa Pada Alat Kolaborasi Pendidikan Perangkat Lunak: Komposisi Ulang Tim Proyek Berbasis Algoritma Genetika. Dinamika Rekayasa 18 (2), 121-130
  14. 2022 – Edukasi Seks Pada Anak Usia Dini melalui Media Digital dengan Metode StoryTelling. I-Com: Indonesian Community Journal 2 (2), 269-278
  15. 2022 – PENERAPAN HASIL PENELITIAN APLIKASI GAME LISTENING BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SMA MARDISISWA SEMARANG. Jurnal Terapan Abdimas 7 (2), 188-193
  16. 2022 – Pola Konsumsi Generasi Millenial Dalam Mengakses Media Edukasi Parenting. ETTISAL: Journal of Communication 7 (1), 105-122
  17. 2022 – Improvement Quality of Software Requirements Using Requirement Negotiation System for Supporting Decision. JUITA: Jurnal Informatika 10 (1), 89-97
  18. 2022 – Pembangunan Aplikasi Web sebagai Media Edukasi Pernikahan Pasangan Muda menggunakan Metode Prototyping. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi 2 (2), 273-284
  19. 2022 – Rekayasa Aplikasi Pengarsipan Surat Permohonan Hak Milik Tanah Dengan menggunakan Metode Prototyping. Infotekmesin 13 (1), 45-51